1.
Pengertian
dari :
® Menu toolbar
adalah menu yang dilambangkan dalam bentuk gambar yang berfungsi untuk
mempercepat suatu perintah. Toolbar mewakili beberapa penrintah yang terdapat
dalam menu pull-down. Toolbar dikelompokkan berdasarkan fungsi yang saling
berhubungan dan berdekatan, seperti pada menu pull-down.
® Taskbar adalah
Batang yang memperlihatkan aplikasi yang sedang bekerja. Pada sistem operasi
Windows, bisa ditemukan yaitu dimana menu start berada. Umumnya taskbar ini
berada di bagian paling bawah informasi yang ditampilkan pada monitor.
® Icon adalah
simbol yang melambangkan suatu perintah.
® Menu File
Menu File adalah menu
yang berhubungan dengan pengaturan file.
a.
New, Membuat lembar
kerja baru.
b.
Open, Membuka file
yang pernah disimpan baik di harddisk, CD ataupun disket.
c.
Close, Menutup jendela
workbook yang aktif
d.
Save, Menyimpan
workbook yang masih aktif.
e.
Save As, Menyimpan
workbook yang belum diberi nama atau menyimpan workbook dengan nama baru.
f.
Save As Web
Page,
Menyimpan workbook ke dalam halaman Web.
g.
Save Workspace, menyimpan
workbook aktif sebagai file workspace.
h. Web Page
Preview,
Melihat tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak.
i.
Page Setup, Mengatur
setting halaman workbook yang akan dicetak, seperti header atau footer, margin,
dan ukuran kertas.
j.
Print Area, Untuk
menentukan daerah lembar kerja yang akan di cetak.
k.
Print Preview, Melihat lembar
kerja sebelum dicetak.
l.
Print, Mencetak lembar
kerja
m. Send To, mengirim lembar kerja ke penerima
e-mail (Mail Recipient), mengirim lembar kerja ke penerima tertentu berdasarkan
rute pengiriman tertentu (Routing Recipient), mengirim lembar kerja ke folder
Microsoft Exchang (Exchange Folder), Mengirim lembar kerja yang aktif sebagai
fax (Fax Recipient), mengirim lembar kerja ke program PowerPoint sebagai slide.
n.
Properties, Membuat
ringkasan file workbook yang aktif
o.
Exit, Keluar dari Ms.
Excel dan menutup seluruh lembar kerja.
® Menu Edit
Menu Edit adalah menu yang memuat perintah-perintah untuk melakukan
pengeditan.
a.
Undo, Membatalkan
perintah yang terakhir dilakukan.
b.
Repeat, Mengulangi
perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan perintah Undo.
c.
Cut, Memotong
sebagian atau seluruh data (nilai, rumus, hyperlink, komentar) dalam range atau
sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.
d.
Copy, Menyalin
(copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink) dari satu rang atau sel ke rang
atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.
e.
Paste, fasilitas ini
mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
f.
Paste Special, Fasilitas ini
juga endukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
g.
Paste as
Hyperlink,
fasilitas ini mendukung peirntah Cut dan Copy terhadap hyperlink pada lembar
kerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.
h.
Fill, mengisi data
pada sel atau range di lembar kerja ke bawah, atas, kanan, kiri, antara satu
sheet ke sheet lain dan mengurukan data dengan cepat.
i.
Clear, Membersihkan
atau menhapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments) dan
isi data (contents) yang ada di lembar kerja.Delete, Menhapus data atau
memindahkan data pada lembar kerja (sel, range, kolom, dan baris).
j.
Delete Sheet, Fasilitas
menghapus sheet pada lembar kerja anda.
k.
Move or Cop
Sheet,
Memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau antar lembar kerja.
l.
Find, Mencari data
nilai, rumus atau formula, dan komentar pada lembar kerja.
m. Replace, Mengganti data pada lembar kerja
menjadi data baru.
n.
Go To, Memindahkan
letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus, konstanta dan yang lainnya.
o.
Links, Menampilkan
atau mengubah setiap link yang ada di file aktifyang mencakup nama dan tempat
file sumber, data dan tipe
p.
Object, Mengedit
object yang berasal dari insert yang berhubungan dengan Link (Object, ClipArt)
dan lain-lain.
®
Menu View
Menu View adalah menu yang memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan
tampilan lembar kerja.
a.
Normal, Menampilkan
lembar kerja Ms. Excel dalam status normal.
b.
Page Break
Preview,
Melihat hasil pemotongan halaman pada lembar kerja.
c.
Toolbars, Memunculkan
toolbar Ms. Excel yang terdiri dari : Standard, Formatting, Chart, Control
Toolbox, Drawing, External Data, Forms, Pictore, PivotTabel, Reviewing, Visual
Basic, Web, WordArt, dan Customize
d.
Formula Bar, Menampilkan
Status Bar (Baris Status) berisi teks untuk menjelaskan status operasi untuk
digunakan selanjutnya.
e.
Header dan
Footer,
Membuat header dan footer sebagai efek cetakan.
f.
Comments, menampilkan
toolbar Reviewing dan Comment pada lembar kerja.
g.
Custom Views, menyimpan
beberapa area cetak di dalam workbook.
h.
Full Screen, Menampilkan
lembar kerja satu tayanyan penuh.
i.
Zoom, Mengubah ukuran
penampilan lembar kerja Ms. Excel.
® Menu insert
Menu insert
adalah Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file
dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Fungsi
a.
Cells, Menyisipkan sel
berisi data atau sel kosong yang berbentuk satu sel, satu baris sel, satu kolom
sel, beberapa baris sel dan beberapa kolom.
b.
Rows, Menyisipkan
satu baris sel.
c.
Columns, Menyisipkan
satu kalom sel.
d.
Woorksheet, Menyisipkan
lembar kerja atau menyisipkan grafik (Chart)
e.
Page Break, Untuk membuat
potongan halaman (ditandai dengan garis putus-putus) yang tercetak menjadi
beberapa bagian halaman.
f.
Function, Menyisipkan
fungsi logika, database, statistic, trigonometeri, financial pada lembar kerja
g.
Name, Untuk
menyisipkan nama rang data, menampilkan nama range data dan membuat rang untuk
label pada lembar kerja.
h.
comment, Memberikan
komentar ke lembar kerja.
i.
Picture, Untuk
menyisipkan gambar dari fasilitas ClipAt, From File (biasanya file hasil Scan),
AutoShapes, Organization Chart, WordArt dan From Scanner or Camera.
j.
Object, Menyisipkan
object yang pernah dibuat dengan Ms. Word.
k.
Hyperlink, Menyisipkan
teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja untuk membuat shortcut dalam
membuka lembar kerja yang tersimpan di harddisk, internet, server jaringan dan
lain-lain.
®
Menu
format
Menu format
adalah Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan
terhadap file dokumen dengan submenus sebagai berikut :
Fungsi
a.
Cells, Menentukan
format sel yang akan dibuat baik format angka, font, border, dan yang lainnya.
b.
Row, Mengatur tinggi
baris pada satu sel atau beberapa sel dan menyembunyikan atau menampilkan
baris.
c.
Column, Mengatur lebar
kolom, menyembunyikan dan mengembalikan kembali kolom yang telah disembunyikan.
d.
Sheet, Memformat sheet
yang sedang aktif.
e.
AutoFOrmat, Menggunakan
fasilitas format yang disediakan Ms. Excel untuk membuat format table yang
terdapat pada kotak dialog AutoFormat.
f.
Conditional
Formatting,
Untuk memmformat nilai-nilai dalam sel yang di sorot pada lembar kerja.
g.
Style, Memformat dan
mengubah
® Menu tools
Menu
tools adalah Menu yang berhubungan dengan operasi file terhadap
dokumen dengan submenu sebagai berikut :
Fungsi
a.
Spelling, Memeriksa data
pada lembar kerja yang diaktifkan yang mencakup memeriksa sel berisi angka,
nilai, komentar, grafik, kotak teks, header dan footer.
b.
Autocorrect, Mengubah,
menghapus dan mengoreksi data yang ada pada lembar kerja secara otomatis.
c.
Share Workbook, Untuk
berpindah ke modus share workbook dimana memungkinkan kita sendiri atau
pengguna yang lain dalam suatu jaringan computer untuk mengubah dan menyimpan
workbook yang persis sama isinya.
d.
Track Changes, Melihat
pengubahan data yang dilakukan atau oleh pengguna lain berdasarkan waktu, siapa
dan dimana pengubahanitu terjadi di dalam jaringan computer.
e.
Merge Workbooks, Menggabungkan
(merger) pengubahan dari beberapa share workbook ke sebuah workbook.
f.
Protection, mengamankan
data atau memproteksi sheet, workbook dan share workbook.
g.
Onlaine
Collaboration,
Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya. Fasilitas in
terdiridari : MeetNow, Schedule Meeting dan Web Discussion.
h.
Goal Seek, Mengubah nilai
pada rumus sesuai dengan keinginan pada sel atau pada grafik.
i.
Scenarios, Membuat,
menampilkan, menghapus, mengedit scenario dan membuat ringkasan laporan
scenario pada lembar kerja Ms. Excel
j.
Auditing, Meletakkan
rumus yang menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel yang meletakkan data
ke rumus, menyembunyikan nilai yang salah pada sel, mencirikannilai yang salah
pada sel, mengatur sel pada lembar kerja lain yantuk meletakkan data pada rumus
dan memindahkan satu atau lebih tingkat dari panan perunut (tracer).
k.
Macro, Membuat atau
mejalankan program macro, mengedit atau menghapus macro yang di buat.
l.
Add-Ins, Mengaktifkan
atau menonaktifkan program Add-ins milik Ms. Excel
m. Customize, Menata toolbar, menambahkan command
baru, membuat menu dan toolbar sesuai dengan keingingan pengguna.
n.
Options, Menuntun kita
dalam menggunakan delapan tabulasi : View, Calculation, Edit, General,
Transition, Custom Lists, Chart, Color.
®
Menu data
Menu data Merupakan menu
yang berkaitan dengan pengolah data.
From
Access : Mengimpor data (database) dari
Microsoft Access.
From
Web : Mengimpor data (database) dari
halaman website
From
Text : Mengimpor data (database) dari file
teks
From
Other Sources : Mengimpor data (database) dari sumber lain
Existing
Connections : Menyambungkan data dari luar Excel yang sedang
digunakan
Connection
Refresh All : Menyegarkan data (mengupdate) data
yang sedang terhubung dengan lembar kerja Excel
Connections : Menampilkan kotak dialog yang sedang terhubung dengan
lembar kerja
Properties : Mengatur (memanajemen) spesifikasi data yang sedang
terhubung dengan lembar kerja excel
Edit
Link : Menampilkan seluruh data yang
terhubung dan mengedit
Sort
& Filter Sort : Menampilkan kotak dialog Sort, yang
selanjutnya bisa mengurutkan data sesuai dengan kriteria yang ditentukan
Filter : Mengaktifkan filter data(mengurutkan
data) sesuai dengan kriteria
Clear : Memberikan/menonaktifkan filter data
dan sort
Reapply : Mengaplikasikan kembali filter atau sort terhadap cell
atau range
Advanced : Menata sort/filter secara lebih detail lagi
Data
tools Text to Columns : Merubah teks (kalimat) menjadi per kolom
Remove
Duplicates : Menghapus baris yang ganda (duplicate)
Data
Validation : Mencegah data yang tidak valid dari
data yang dimasukkan ke dalam cell
Consolidate : Menggabungkan beberapa data menjadi satu cell
Outline
Group : Membuat beberapa baris menjadi sebuah group
Ungroup : Mengembalikan beberapa baris agar tidak menjadi sebuah
group
Subtotal : Melakukan perhitungan berdasarkan katagori item
® Menu window
Menu window
adalah menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menggunakan
jendela aktif.
FUNGSI
a.
New Window, Memperlihatkan
lembar kerja yang sedang di edit pada jendela baru (new window).
b.
Arrange, Mengatur
jendela dari workbook aktif agar dapat melihat seluruh workbook aktif tersebut.
c.
Hide, Menyembunyikan
workbook aktif.
d.
Unhide, Menampilkan
kembali workbook yang disembunyikan.
e.
Split, Membagi lembar
kerja dari workbook aktif menjadi beberapa bagian.
f.
Freeze Panes, Membekukan
bagian lembar kerja agar kita tetap dapat melihat sel yang ada di bagian bawah
atau kanan lembar kerja.
® Menu help
Menu
help adalah menu yang berisi perintah-perintah untuk bantuan apabila kita
menemui kesulitan dalam pemakaian ms excel.
FUNGSI
a.
Microsoft Excel
Help,
Menampilkan fasilitas Office Assistant dengannama logo berturut seperti:
Clippit, The dot, F1, The Genius, Office Logo, Mother Nature, Links, dan Rocky.
b.
Show the Office
Assistant,
Melihat keterangan dari topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas
Help.
c.
What’s This?, Memberikan
penjelasan dan fungsi perintah Excel dengan menampilan teks pada toolbar.
d.
Office
on the Web, Koneksi internet pada situs office pada Web.
e.
Lotus 1-2-3 Help, melihat
penjelasan bagaimana cara perintah dalam Lotus 10203 diaplikasikan pada Excel.
f.
Detect and
Repair,
Mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada Excel.
g.
About Microsoft
Excel, Melihat
penjelasan tentang Excel dan konfigurasi computer yang digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar