Selasa, 24 Januari 2012

CARA MEMBUAT TAPE KETAN


Tape ketan adalah sejenis makanan yang dihasilkan dari proses peragian (fermentasi). Tape ketan dibuat dari beras ketan. Proses respirasi beberapa jenis organisme tingkat rendah, seperti jamur dan bakteri terjadi secara anaerob. Respirasi anaerob untuk menguraikan senyawa organic menjadi senyawa organik lain, beserta hasil sampingannya dapat berlangsung tanpa kehadiran oksigen atau (O2). Proses penguraian senyawa organik menjadi senyawa organik yang berlangsung secara anaerob disebabkan oleh enzim mikroorganisme.
            Tape merupakan makanan tradisional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Proses pembuatan tape melibatkan proses fermentasi yang dilakukan oleh jamur Saccharomyces ceriviceae. Jamur ini memiliki kemampuan dalam mengubah karbohidrat (fruktosa dan glukosa) menjadi alcohol dan karbondioksida. Selain Saccharomyces ceriviceae, dalam proses pembuatan tape ini terlibat pula mikrorganisme lainnya, yaitu Mucor chlamidosporus dan Endomycopsis fibuligera. Kedua mikroorganisme ini turut membantu dalam mengubah pati menjadi gula sederhana (glukosa

Alat dan bahan pembuatan tape ketan :
  • 2 buah wadah
  • Beras ketan
  • Daun pisang
  •  Sendok
  • Ragi tape

C. Cara Kerja

1.     Cuci bersih semua peralatan yang akan digunakan, lalu keringkan.
2.     Kukus beras ketan tersebut sampai matang.
3.     Angkat beras ketan yang telah matang, lalu letakkan di atas tampah atau baskom, dinginkan dengan cara mengipasinya.
4.     Setelah dingin campurkan ragi yang telah dihaluskan dan aduk sampai merata.
5.     Bungkus ketan yang telah dicampur ragi dengan daun pisang.
6.     Kemudian simpan selama 2-3 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar