Sabtu, 10 Maret 2012

DOS


DOS ( Disk Operating System ) adalah Sistem Operasi berbasis text dan tergolong tua dibandingkan dengan Windows, Linux dan Mac. Salah satu versi DOS yang dibuat oleh Microsoft adalah MS-DOS karena sebelum Windows ada versi DOS sangat banyak sekali misalnya Caldera DR-DOS. DOS masih ada dalam Sistem
Operasi Windows 95, 98. jadi jika kita punya masalah pada Sistem Operasi tersebut maka kita bisa menjalankan MS-DOS untuk memperbaikinya. Salah satu contoh jika Registry Windows 98 rusak kita dapat masuk ke MS-DOS untuk me-restore Registry yang telah rusak. Karena itu MS-DOS sangat penting pada Sistem Operasi Windows 9x ( 95, 95 OSR/2, 98, 98 SE ) salah satu kekurangan MS-DOS adalah tidak bisa menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus secara bersamaan ( Monotasking).
    Perintah-perintah dalam DOS sangat sederhana, Cuma karena kurang tenar, maka kita tidak familiar dengan perintah-perintah tersebut sehingga merasa aneh, dan asing dengan perintah-perintah tersebut. Jika kita teliti dengan seksama, perintah-perintah tersebut sangatlah mudah.
Perintah-perintah DOS terdiri dari dua macam, yaitu perintah internal dan perintah eksternal.
Perintah internal: perintah yang dapat lengsung dijalankan dari komputer dan hanya dengan menggunakan bantuan dari file system saja tanpa harus menggunakan file-file tertentu untuk keperluan tertentu.
Perintah eksternal: perintah yang membutuhkan file-file tambahan untuk dapat dijalankan dismping harus menggunakan file system.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar