Senin, 28 Januari 2013

kanker Serviks



26 Januari 2013
Seminar “ Serpihan Hati “
Tema : A GREET MUSLIMAH IS BEAUTIFUL FORM THE INSIDE AND THE OUTSIDE

Materi 1 : Kanker Serviks
Pembicara : Lestari Putri, S.Ked dan Eva Fauziyyah, SST ( DUTA KANKERS SERVIKS)

Assalamu’alaikum, 

Kankers serviks atau biasa disebut kanker mulut rahim banyak menyerang wanita paruh baya yang disebabkan oleh virus HPV. Di dunia sendiri,setiap 2 menit seorng wanita meninggal akibat kanker serviks. Setiap satu jam, 1 wanita meninggal karena kankers ini. Di Indonesia sendiri ada 20-40 orang setiap harinya yg terkena kanker ini, maka dari itu setiap wanita harus tau apa itu kanker serviks agar dapat melakukan pencegahan dini.

Apa sih kanker serviks itu ?

Kanker serviks adalah penyakit yang diderita oleh setiap wanita, keganasan terjadi pada leher rahim (serviks), yang merupakan bagian terendah dari rahim yang menonjol kepuncak liang senggama (vagina). Kanker serviks sendiri terjadi saat sel normal di serviks berubah menjadi sel kanker .  Perubahan itu biasanya memakan waktu selama 10-15 tahun lamanya sampai terjadi kanker.  Maka dari itu sebenarnya terdapat kesempatan yang cukup laa untuk mendeteksi melalui skrining dan menanganinya sebelum menjadi kanker serviks.

Dampak kanker serviks pada wanita adalah sebagai berikut :

  • 1.       Puncak usia reproduksi wanita adalah 30-50thn ( virus HPV menyerang selama  20-30thn lamanya)

  • 2.       Gangguan kualitas hidup : psikis, fisik, dan kesehatan seksual

  • 3.       Dampak sosail dan ekonomi (finansial)

  • 4.       Pengaruh pada perawatan, pendidikan anak, dan suasana kehidupan keluarga.

Apa penyebab kanker serviks itu ?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kanker serviks itu diakibatkan oleh virus HPV ( Virus Human Papilloma ). Beban utama virus HPV adalah kanker serviks. Terdapat banyak tipe HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks. Di dunia, HPV ada beberapa tipe yaitu tipe 16, 18, 45, 31, dan 52 secara bersamaan menjadi penyebab lebih dari 80% kasus kanker serviks

Faktor pendukung kankers serviks :

  • 1.       Menikah muda
Menikah muda ini dalam arti dimana melakukan hubungan seks pada usia muda (dibawah 17thn) yang mana serviks memiliki sel yang masih muda pada saat itu yang saangat rentang pada gesekan.
  • 2.       Kehamilan yang sering
  • 3.       Merokok
  • 4.       Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang
Penggunaan KB dalam waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan kanker serviks.
5.       Infeksi menular seksual ( menular dalam arti, laki2 pun dapat terkena viru HPV yang biasa di sebut kutil kelamin maka dari itu virus ini dapat tertular melalui seks )

Gejala awal kanker serviks ?

KEBANYAKAN INFEKSI HPV BELANGSUNG TANPA GEJALA.

Maka dari itu sejalan dengan adanya perkembangan kanker, gejala-gejala yang mungkin timbul :

  1. 1.       Pendarahan melalui vagina ( banyak mengeluarkan darah bukan haid )
  1. 2.       Keputihan ( bercampur darah atau bau )
  1. 3.       Nyeri pada panggul
  1. 4.       Tidak dapat buang air kecil ( pada saat HPV menyerang serviks, kandung kemih pun dapat terjangkit virus ini maka dari itu akan susah buang air kecil )
Siapa yang beresiko ?

Setiap wanita beresiko, hingga 80% wanita akan terinfeksi oleh HPV sepanjang masa hidupnya. Hingga 50% dari mereka akan terinfeksi oleh HPV yang dapat menyebabkan kanker sepanjang masa hidupnya. Maka dari itu jagalah imunitas kita sebagai wanita agar tidak terjangkit virus tersebut. Puncak insindensi HPV onkogenik terjadi pada wanita muda rentang usia beresiko virus HPV 20-50 thn.

Bagaimana mendeteksi kankers serviks ?

Pertama melauli skrining, skringin adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi lesi pra kanker atau untuk mengetahu tanda-tanda awal kankers serviks sehingga dapat dengan mudah ditangani. Namun,screening tidak dapat mencegah terjadinya kanker serviks. Di indonesia sendiri skrining ada 2 yaitu dengan pap sear dan visual inspection with acetic acid-IVA

Bagaimana cara mencegah kanker serviks ?

Dengan menjaga kebersihan organ intim kita, di jaga agar tetap kering dan bersih jangan sampai lembab atau basah karena dapat mengakibatkan virus bersarang. Namun dengan itupun kurang cukup, kita harus jaga pola kesehatan agar imune kita tetap terjaga.
Pesan-pesan pokoknya adalah berhubungan seksual monogami, penundaan usia pernikahan dini, penundaan kehamilian dini, penjarangan kehamilan, peningkatan kebersihan pribadai,perbaikan sanitasi lingkungan, stop merokok, dan perbaiki gizi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar